Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 1 No 2 (2017): Desember

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Sari, Fiki Puspita (Unknown)
Maizora, Syafdi (Unknown)
Herawaty, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar segiempat dan segitiga. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan cara membuat pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana pada LKPD, memberikan penjelasan singkat tentang istilah-istilah yang belum dipahami siswa, memberikan motivasi dan apersepsi, serta memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 72,82; 81,24, 83,88 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 55,88%; 70,59%; 82,35%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...