Latar belakang: Waktu tunggu merupakan unsur yang penting dalam membangun kualitas pelayanan yang baik. Penumpukan pasien (overcrowded) merupakan masalah yang sering terjadi di IGD yang dapat menyebabkan waktu tunggu yang lama. Waktu tunggu yang baik dapat meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan yang lebih kepada pasien. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan lama waktu tunggu pasien di IGD RS Muhammadiyah Palembang. Metode penelitian: penelitian Kuantitatif dengan desain deskriptif corelatif dan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien yang masuk IGD RS Muhammadiyah Palembang selama 09 - 21 April 2018. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling sebanyak 54 responden. Hasil penelitian: terdapat hubungan yang signifikan antara pemeriksaan laboratorium dengan lama waktu tunggu pasien IGD (p = 0,001), pemeriksaan radiologi dengan lama waktu tunggu pasien IGD (p=0,011), dan lama administrasi dengan lama waktu tunggu pasien IGD (p=0,001). Kesimpulan: terdapat tiga faktor yang berhubungan dengan lama waktu tunggu pasien di IGD RS Muhammadiyah Palembang yaitu faktor lama pemeriksaan laboratorium, lama pemeriksaan radiologi, dan lama penyelesaian kelengkapan administrasi. Diharapkan Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang untuk terus mengontrol performa pelayanan pada tiga jenis layanan tersebut agar tidak melebihi standar yang telah ditetapkan oleh rumah sakit.Kata Kunci : Waktu Tunggu, Pasien, IGD
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018