Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment)
Vol. 2 No. 1 (2019)

Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Senam Lantai Loncat Kangkang pada Siswa Kelas X MA Negeri 2 Karawang

Ahmad Nuryanto (Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Citra Resita (Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
01 May 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat belajar siswa dalam pembelajaran senam lantai loncat kangkang di Sekolah MA Negeri 2 Karawang. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Penelitian ini dilakukan di MA Negeri 2 Karawang dengan mengambil seluruh kelas X yang berjumlah 5 kelas. Namun, yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 40 orang siswa dari 5 kelas tersebut, yang masing-masing kelasnya diambil secara acak perkelas 8 0rang. Instrument yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang digunakan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran senam lantai loncat kangkang pada siswa kelas X MA Negeri 2 Karawang adalah tinggi dengan pertimbangan frekuensi terbanyak berada pada katagori tinggi dengan 13 siswa atau 32,5%. Minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran senam lantai loncat kangkang pada siswa MA Negeri 2 Karawang yang berkatagori sangat tinggi 4 siswa atau 10%, tinggi 13 siswa atau 32,5%, sedang 12 siswa atau 30%, rendah 8 siswa atau 20%, sangat rendah 3 atau 7,5%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Education

Description

JSPEED Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang yang menerbitkan artikel hasil penelitian dibidang pendidikan Jasmani,dan olahraga. JSPEED terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu di bulan Mei dan November. ...