Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM)
Vol 3, No 1 (2019): JRPIPM September 2019 Volume 3 Nomor 1

Analisis Sikap dan Keyakinan Calon Guru di Indonesia terhadap Pemanfaatan Sejarah Matematika dalam Pembelajaran Matematika

Kusumawati, Intan Bigita (Unknown)
Fachrudin, Achmad Dhany (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sikap serta keyakinan calon guru matematika mengenai penggunaan sejarah matematika dalam pembelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa calon guru matematika dari Sembilan perguruan tinggi keguruan yang tersebar di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian angket sikap dan keyakinan penggunaan sejarah matematika dalam pembelajaran matematika. Item angket sikap dan keyakinan terdiri dari dua ketegori yaitu sikap dan keyakinan diri terhadap pemanfataan sejarah matematika serta sikap dan keyakinan terhadap kemampuan diri dalam memanfaatkan sejarah matematika. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis angket sikap dan keyakinan. Hasil penelitian menujukkan bahwa sikap dan keyakinan pemanfaatan sejarah matematika secara keseluruhan berada pada level sedang, sementara keyakinan diri dalam menggunakan sejarah matematika dalam pembelajaran skornya masih rendah. Sikap dan keyakinan positif terhadap integrasi sejarah matematika dalam pembelajaran tersebut mengimplikasikan bahwa sebagian calon guru setuju bahwa sejarah matematika merupakan materi yang penting tidak hanya sebagai sebuah subjek materi tersendiri, namun sebagai subjek materi yang dapat terintegrasi dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrpipm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education both theory and practice. This Journal is published periodically twice a ...