Mimbar Ilmu
Vol 24, No 3 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Jita Apsari, Ni Putu (Unknown)
Dibia, I Ketut (Unknown)
Antara, Putu Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPS siswa SD kelas V di Gugus II Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah eksperimen semu menggunakan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD kelas V Gugus II Kecamatan Kintamani. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Data Hasil Belajar IPS dianalisis dengan uji-t. Hasil analisi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok siswa dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan kelompok siswa dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvenional pada siswa SD kelas V Di Gugus II Kecamatan Kintamani. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (6,92) lebih besar dari nilai ttabel (2,01). Rata-rata skor hasil belajar IPS siswa menggunakan model Snowball Throwing yaitu 24,56 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar IPS siswa menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 18,22. Dengan demikian, model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa SD kelas V di Gugus II Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2018/2019.?Kata-kata kunci : hasil belajar IPS, snowball throwing

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...