Mimbar Ilmu
Vol 24, No 1 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTU MEDIA ACCORDION BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA

Afidah, Nur (Unknown)
Budiman, Arief (Unknown)
Setianingsih, Eka Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantu media Accordion Book untuk mengembangkan nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Mukhtiharjo? Kidul 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimenntal Design tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB dengan jumlah 21 siswa tahun pelajaran 2018/2019. Menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji liliefors, analisis data akhir dengan menggunkan uji t-test. Hasil analisis angket perkembangan nilai-nilai karakter siswa menunjukkan rata-rata pretest sebesar 64,92 sedangkan pada postes sebesar 94,49. Beradasarkan hasil analisis uji t diketahui thitung? ?? ttabel? yaitu 4,577 ?? 2,086 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya Model pembelajaran Course Review Horai berbantu media Accordion Book efektif untuk mengembangkan nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Mukhtiharjo ?Kidul 02 Semarang.?Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horai, Media Accordion Book, Nilai-Nilai Karakter Siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...