Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantu media Accordion Book untuk mengembangkan nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Mukhtiharjo? Kidul 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimenntal Design tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB dengan jumlah 21 siswa tahun pelajaran 2018/2019. Menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji liliefors, analisis data akhir dengan menggunkan uji t-test. Hasil analisis angket perkembangan nilai-nilai karakter siswa menunjukkan rata-rata pretest sebesar 64,92 sedangkan pada postes sebesar 94,49. Beradasarkan hasil analisis uji t diketahui thitung? ?? ttabel? yaitu 4,577 ?? 2,086 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya Model pembelajaran Course Review Horai berbantu media Accordion Book efektif untuk mengembangkan nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Mukhtiharjo ?Kidul 02 Semarang.?Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horai, Media Accordion Book, Nilai-Nilai Karakter Siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019