Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IX melalui layanan bimbingan kelompok di SMP Kristen 1 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IX yang mempunyai minat belajar kategori rendah yaitu berjumlah 4 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen penelitian dengan skala minat belajar berdasar teori Hilgard (Slameto, 2010), dan pedoman observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan  teknik analisis deskripsi komparatif. Hasil penelitian ialah terdapat peningkatan minat belajar siswa melalui 3 tahap siklus pemberian bimbingan kelompok dan berdasar observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian terbukti bahwa bimbingan kelompok sudah meningkatkan minat belajar keseluruhan siswa. Kata Kunci: Minat Belajar, Bimbingan Kelompok
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019