Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen)
Vol 3, No 1 (2016): ECOBISMA

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MEMILIH BERBELANJA DI HOME SMART

Ispantari Ramayanti, Hayanuddin Safri (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu, Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, pribadi, sosial, dan psikologis terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja di Home Smart, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan 96 responden sebagai sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian berdasarkan uji secara serempak (uji F) menunjukkan bahwa secara simultan (serempak) faktor budaya, pribadi, sosial, dan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja di Home Smart. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa faktor budaya, pribadi, sosial, dan psikologis secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja di Home Smart. Berdasarkan hasil uji determinasi diketahui bahwa keputusan konsumen dapat dijelaskan oleh faktor budaya, pribadi, sosial, dan psikologis sebesar 50,3%, sedangkan sisanya 49,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, misalnya : merek, image, harga, promosi, dan lain sebagainya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ecobisma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah ECOBISMA adalah Jurnal Ilmiah Bisnis dan Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Labuhanbatu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat ...