Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional dan bagaimanakah perkembangan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs di kelas VIII SMPN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan kelas eksperimen yaitu VIII.3 dan kelas kontrol yaitu VIII.5. Tes hasil belajar matematika dengan reliabilitas tes adalah r11=0,07. Hasil analisis aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu 57% sampai 84%. Hasil dari uji hipotesis diperoleh t hitung=0,83 dan t tabel=1,67 maka hipotesis ditolak. Jadi hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs sama dengan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 9 Padang dan perkembangan aktivitas siswa mengalami peningkatan.
Copyrights © 2019