Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 6, No 3 (2018)

KEMAMPUAN NUMERIK SISWA SMP PESISIR DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 14 KENDARI

Tria Oktarzi Malenda (Halu Oleo University)
Kadir Kadir (Unknown)
Suhar Suhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan numerik siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: gambaran kemandirian belajar siswa, kemampuan numerik siswa laki-laki dan perempuan, kemampuan numerik siswa dengan kemandirian belajar tinggi, kemampuan numerik siswa dengan kemandirian belajar sedang, dan kemampuan numerik siswa dengan kemandirian belajar rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan random class. Teknik pengumpulan data dengan Tes Kemampuan Numerik (TKN), pemberian angket dan wawancara. Hasil analisis diperoleh: rata-rata kemandirian  belajar siswa laki-laki sebesar 69.05 sedangkan rata-rata kemadirian belajar siswa perempuan sebesar 69.67. KN siswa rendah 98.94%, dan 1.05% KN sedang. 3 siswa laki-laki kemandirian belajar tinggi KN rendah, 4 siswa perempuan kemandirian belajar tinggi KN rendah, 1 siswa laki-laki kemandirian belajar tinggi KN sedang, 34 siswa laki-laki kemandirian belajar sedang KN rendah, 40 siswa perempuan kemandirian belajar sedang KN rendah. 6 siswa lakilaki kemandirian belajar rendah dan KN rendah, 7 siswa perempuan kemandirian belajar rendah dan KN rendah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...