Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 RAHA

Aisah Kartika Rani (Halu Oleo University)
Arvyaty Arvyaty (Unknown)
Lambertus Lambertus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui deskripsi hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping di kelas VIII1 SMP Negeri 3 Raha; (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi koordinat kartesius di kelas VIII1 SMP Negeri 3 Raha. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) Proses pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping di kelas VIII1SMP Negeri 3 Raha berjalan sangat baik yang ditunjukan dengan keterlaksanaan pembelajaran dan aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan dari 35% menjadi 78,33%. (2) hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas control setelah dilakukan penelitian mengalami peningkatan yang signifikan. (3) Berdasarkan hasil uji t, menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran mind mapping memiliki perbedaan rata-rata hasil belajar dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...