Jurnal Eduscience (JES)
Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN RANAH KOGNITIF, AFEKTI DAN FISIKOMOTOR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAS DARU FALAH LANGGA PAYUNG

Zunaidy Abdullah Siregar (STKIP Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa kelas X MAS Darul Falah (2) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach terhadap hasil belajar biologi pada ranah afektif siswa kelas X MAS Darul Falah, (3) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach terhadap hasil belajar biologi pada ranah psikomotorik siswa kelas X MAS Darul Falah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MAS Darul Falah. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas X-1 (kelas eksperimen) dan kelas X-3 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model Problem Based Learning secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa biologi pada ranah kognitif, afekti dan fisikomotor

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...