Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SEKOLAH DASAR

Ary Kiswanto Kenedi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 26 Singkarak Kabupaten Solok. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menerapkan strategi Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SD Negeri 26 Singkarak Kabupaten Solok. Jenis penelitian adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar siswa siklus I 78,59   meningkat menjadi 91,41 pada siklus II. Dengan demikian, pembelajaran IPA dengan menerapkan strategi Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 26 Singkarak Kabupaten Solok. Kata Kunci: Hasil Belajar; IPA; Strategi Problem Based Learning (PBL).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPGSD

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar is published twice a year in February and August containing the writings of conceptual ideas, studies and application of theory, the writings of practitioners and the results of research and teaching in the field of elementary school. ...