Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang yang berjumlah 70 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik infrensial dalam bentuk T.tes.Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil nilai antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yakni Mx = 92 > My = 66,3. Perbedaan hasil nilai itu menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang 2015/2016. Hasil analisis menjelaskan bahwa nilai empiris 4,296 lebih besar daripada nilai total pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,000 dan pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,660.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Hi) yang menyatakan: “Ada pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang 2015/2016 ”, diterima. Sedangkan hipotesis nihil (H0) yang menyatakan: “Tidak ada pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X Madrasah Aliyah Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kabupaten Sidenreng Rappang 2015/2016”, ditolak.
Copyrights © 2019