Geneologi PAI : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 01 (2016): June 2016

Pengaruh Model Pembelajaran Education Games terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

Eneng Muslihah (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Nasehussalam Nasehussalam (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya prestasi belajar siswa. Pembelajaran yang monoton akan membuat anak bosan dan jenuh. Seorang guru harus kreatif dalam proses pembelajaran, penyajiaan materi harus disesuaikan dengan kondisi perkembangan, lingkungan, kesenangan, dan harus mampu mengemas materi yang diajarkan dalam bentuk permainan yang menyenangkan dan mendidik. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah prestasi belajar aqidah akhlak siswa yang menggunakan model pembelajaran education games lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran education games.? Tujuan dan manfaat penelitian ini adalah mengetahui apakah prestasi belajar aqidah akhlak siswa yang menggunakan model pembelajaran education games lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran education games. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Khairiyah Karangtengah, dengan metode penelitian ialah Quasi Experiment. Desain penelitian ialah nonequivalent control group design. Teknik penarikan sampelnya ialah teknik random cluster sampling untuk memilih 2 kelas. kelas VIII b sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII c sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu menggunakan soal tes. Prasyarat normalitas menggunakan rumus chi kuadrat dan homogenitas menggunakan uji F. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis ialah ststistik inferensial parametris yaitu t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan data hasil perhitungan uji-t pada data prestasi belajar sebelum perlakuan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diperoleh nilai sebesar -0,05 lebih kecil dari nilai pada taraf signifikasi 0,05 yakni 1,671 sehingga -0,05 ≤ 1,671. Sedangkan setelah perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diperoleh nilai sebesar 1,931 lebih besar dari nilai pada taraf signifikasi 0,05 yakni 1,699 sehingga 1,931 ≥ 1,699, Ho ditolak dan Ha diterima dengan presentase skor sebesar 80,28%, > 63,25 %.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

geneologi

Publisher

Subject

Other

Description

Geneologi PAI, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN “SMH” Banten. ...