Cordova Jurnal
Vol. 6 No. 1 (2016): Juni 2016

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB MURID KELAS II SDIT ANAK SHOLEH KOTA MATARAM

Dr. Ayip Rosidi (UIN Mataram)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2016

Abstract

Tujaun penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan bahasa Arab murid kelas II SDIT Anak Sholeh kota Mataram NTB. Penelitian ini merupakan kuantitatif komperatif dengan metode eksperimen menggunakan rancangan 2x2 by level. instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data kecerdasan linguistik dan kemampuan bahasa Arab. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur dilanjutkan uji Tukey. Hasil penelitian (1) kemampuan bahasa Arab antara murid yang dibelajarkan dengan metode bermain lebih tinggi dari murid yang dibelajarkan dengan konvensional (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kecerdasan linguistik (3) kemampuan bahasa Arab murid yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi yang memperoleh pembelajaran dengan bermain lebih baik dibandingkan konvensional (4). Kemampuan bahasa Arab murid yang memiliki kecerdasan linguistik rendah dari murid yang memperoleh pembelajaran dengan konvensional. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, kemampuan bahasa Arab murid dapat ditingkatkan dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan kecerdasan linguistik murid.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

cordova

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Cordova Journal ISSN (P) 2302-3155, (e) 2714-5808 is a scientific journal published by UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B) which is focused on the realm of language and culture studies. Language studies include studies and research results in Indonesian, English, Arabic, and Sasak. ...