Jurnal Abdimas Mandiri
Vol 3, No 1

PELATIHAN MANAJEMEN USAHA PEMASARAN PRODUK HOME INDUSTRI TEMPE PADA USAHA MANDIRI WARGA RT. 04 KELURAHAN TALANG JAMBE PALEMBANG

Meilin Veronica (Universitas Indo Global Mandiri)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2019

Abstract

Pelatihan Manajemen Usaha Pemasaran Produk Home Industri Tempe Pada Usaha Mandiri Warga RT.04 Kelurahan Talang Jambe Palembang diharapkan akan memberikan wawasan baru dalam memasarkan produk tempe melalui kegiatan promosi dan distribusi yang baik.  Pemahaman yang baik terhadap kegiatan promosi dan distribusi akan membuat home industry tersebut mendapatkan laba yang tinggi dan berkembang sehingga bisa merekrut tenaga kerja dan dapat mengurangi jumlah pengangguran di sekitaran Kelurahan Talang Jambe. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah Metode presentasi mengenai pengenalan kegiatan promosi dan distribusi. Penerapan kegiatan promosi dengan menggunakan sosial media, menawarkan produk secara gratis, memilih tempat strategis, memberi insentif untuk rekomendasi dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan penerapan kegiatan distribusi dengan saluran distribusi intensif dimana barang yang dipasarkan bisa menyebarluas dan dapat menjangkau semua lokasi dimana calon konsumen berada. Metode evaluasi dengan mengamati perbedaan sebelum dan setelah pelatihan. Hasil yang dicapai terlihat peningkatan kegiatan promosi dan distribusi yang cukup signifikan dibanding dengan sebelum dilatih, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan kemampuan peserta dan memicu motivasi untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif. Program pelatihan ini diharapkan terus diadakan pada setiap jenis usaha sejenis karena sangat dirasakan manfaatnya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kegiatan promosi dan distribusi produk.Kata kunci : Pemasaran, Promosi dan Distribusi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PGM

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Mandiri merupakan jurnal yang mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada Masyarakat atau kajian dalam penuntasan masalah sosial di Masyarakat,mencakup bidang Informatika, Ekonomi, Teknik, Humaniora, Bahasa, Seni dan Desain grafis. Diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yaitu ...