Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 2, No 2 (2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU (MEMBACA DAN MENULIS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Rahma, Anissa (Unknown)
Kusumawardani, Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the Application of Cooperative Integrated Reading and Composition in Improving Students' Reading Ability. The research method used is Classroom Action Research using the Kemmis & Mc Taggart Model action research design, this research was conducted at SDN Kebayoran Lama Selatan 11 Pagi with 26 subjects of grade 3B elementary school students. Data retrieval is done using Test, Observation Sheet, and Documentation. The results obtained from this study that there is an increase in students' reading ability through the Cooperative Integrated Reading and Composition, this can be seen from the average results in each cycle, the average in pre-cycle is 65.57 then increased by 1.85 in cycle I with an average of 67.42 and increased again in the second cycle of 12.81 with an average of 80.23 means that there is an increase in the Application of Cooperative Integrated Reading and Composition in improving reading skills of elementary school students. The results of this study are expected to be useful to relevant parties who can utilize such as school principals, teachers, parents, students and further researchers. Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition, Reading Ability, Elementary School Students.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu (Membaca dan Menulis) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan desain penelitian tindakan Model Kemmis & Mc Taggart, penelitian ini dilakukan di SDN Kebayoran Lama Selatan 11 Pagi dengan subjek penelitian sebanyak 26 siswa SD kelas 3B. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Test, Lembar Observasi, dan Dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa terdapat adanya peningkatan kemampuan membaca siswa melalui model Kooperatif Terpadu (Membaca dan Menulis), hal ini terlihat dari hasil rata-rata pada setiap siklusnya, rata-rata pada prasiklus adalah 65,57 lalu meningkat sebesar 1,85  pada siklus I dengan rata-rata 67,42 dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 12,81  dengan rata-rata 80,23 artinya terdapat suatu peningkatan pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu (Membaca dan Menulis) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkan seperti kepala sekolah, guru, orang tua, siswa dan peneliti selanjutnya.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu (Membaca dan Menulis), Kemampuan Membaca, Siswa Sekolah Dasar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...