Pembelajaran kontekstual learning melalui pendidikan karakter (studi pada anak- anak usia dini paud mandiri kecamatan Entikong, Sanggau di beranda terdepan negara) adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui gambaran atau memotret, proses, dan hasil dari kegiatan pembelajaran tersebut. Penelitian ini menekankan pada pendekatan pembelajaran, dengan kontekstual learning. Peneliti meneliti proses pembelajaran kontekstual learning berdasarkan tahap-tahap yang sesuai pendapat Dean (1993), yang meliputi: (1) planning (perencanaan); (2) involvement (keterlibatan); (3) internalization (keterhubungan); (4) reflection (refleksi); (5) generalization (kesimpulan umum); (6) application (penerapan); (7) follow up (menetapkan standard/acuan). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dua sumber data, yaitu: (1) data primer yang diperoleh dari wawancara dengan anak usia dini; (2) data sekunder diperoleh dari ketua penyelenggara PAUD dan dokumen/ data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual melalui pendidikan karakter berbasis multikultural di PAUD Mandiri (studi anak usia dini di PAUD mandiri perbatasan Indonesia - Malaysia) yang dinilai dari gambaran kegiatan PAUD, proses pembelajaran kontekstual learning dan hasil yang dicapai setelah kegiatan berlangsung dinyatakan“baik”.
Copyrights © 2018