Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak usia dini penyandang tuna rungu di Kelas P2/A TKLB-B Dharma Asih Kecamatan Pontianak Tenggara dengan media kartu bergambar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus, yang mana satu siklus terdiri atas tiga pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada anak kelas P2/A yang berjumlah tujuh orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan anak usia dini penyandang tuna rungu di kelas P2/A TKLB-B Dharma Asih Pontianak. Peningkatan kemampuan membaca terlihat dari kenaikan persentase mulai dari siklus I: Pertemuan 1 sebesar 39,05%, pertemuan 2 sebesar 49,52%, pertemuan 3 sebesar 50,48%, dengan rata-rata siklus I sebesar 46,35%. Siklus II memperlihatkan: Pertemuan 1 sebesar 51,43%, pertemuan 2 sebesar 57,14%, pertemuan 3 sebesar 69,52%, dengan rata-rata siklus II sebesar 59,36%.
Copyrights © 2018