Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan
Vol 7, No 1 (2018): Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PENYANDANG TUNA RUNGU DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DI KELAS P2/A TKLB-B DHARMA ASIH

Iin Maulina (Prodi Pendidikan Guru PAUD, UM Pontianak)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak usia dini penyandang tuna rungu di Kelas P2/A TKLB-B Dharma Asih Kecamatan Pontianak Tenggara dengan media kartu bergambar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus, yang mana satu siklus terdiri atas tiga pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada anak kelas P2/A yang berjumlah tujuh orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan anak usia dini penyandang tuna rungu di kelas P2/A TKLB-B Dharma Asih Pontianak. Peningkatan kemampuan membaca terlihat dari kenaikan persentase mulai dari siklus I: Pertemuan 1 sebesar 39,05%, pertemuan 2 sebesar 49,52%, pertemuan 3 sebesar 50,48%, dengan rata-rata siklus I sebesar 46,35%. Siklus II memperlihatkan: Pertemuan 1 sebesar 51,43%, pertemuan 2 sebesar 57,14%, pertemuan 3 sebesar 69,52%, dengan rata-rata siklus II sebesar 59,36%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pena Kreatif merupakan jurnal pendidikan yang akan menerbitkan hasil penelitian dosen maupun guru. Jurnal pene Kreatif akan diterbitkan dua jenis terbitan: (1) Media Cetak, (2) Elekronik/online Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan menerbitkan artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di ...