Jurnal Ilmiah Kesehatan Ar-Rum Salatiga
Vol 3, No 1 (2018)

EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DISMINORE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI KELAS VIII SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

Vitrianingsih Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2018

Abstract

Abstrak Pendidikan kesehatan adalah upaya pembelajaran kepada masyarakat agar masyarakat mau melakukan tindakan-tindakan untuk memelihara (mengatasi masalah-masalah), dan meningkatkan kesehatannya. Dismenore merupakan masalah ginekologis yang paling umum dialami wanita baik wanita dewasa maupun wanita pada usia remaja. Pendidikan kesehatan pada hakekatnya adalah suatu kegiatan atau usaha untuk menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat, kelompok atau individu. Pengetahuan merupakan domain bagi tindakan seseorang, yaitu semakin baik pengetahuan responden tentang dismenorea maka akan semakin tinggi potensi dilakukannya penanganan dismenorea. Untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan tentang dismenore terhadap pengetahuan remaja putri kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta. Jenis penelitian pra Eksperimen. Rancangan penelitian one group pre test-post test design. Metode pengambilan sampel menggunakan total sampling, 172. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat (Wilcoxon) dengan α: 0,05. Tingkat pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan tentang disminore pada siswi kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta cukup (70,34%). Tingkat pengetahuan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang disminore pada siswi kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta baik (52,32%). Berdasarkan hasil uji statistik, diperoleh nilai p-value adalah 0,000

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIKA

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Nursing Public Health Veterinary

Description

The Journal Scientific Health of Ar-Rum Salatiga has a pISSN: 2528-3685 and eISSN: 25-98-3857. This journal as a facility of academic facilities in doing tri darma college in research field. The Journal Scientific Health of Ar-Rum Salatiga received various articles / texts in the form of relevant ...