Latar Belakang: Posyandu merupakan suatu wadah pelayanan dimasyarakat, yangproses pembentukan dan pelaksanaannya dilakukan oleh masyarakat bersama lembagaswadaya masyarakat (LSM), lintas sektor pemerintah dan non pemerintah, swasta,organisasi sosial dan lain-lain. Pelayanan kesehatan di posyandu berupa upayapromotif dan preventif. Pelaksanaan Posyandu Gunung Krakatau di dusun SokaSeloarjo Pundong masih banyak mengalami kendala diantaranya keterampilan kaderdan peralatan posyandu yang belum memadahi.Tujuan: Meningkatkan upaya pelayanan kesehatan bagi balita dan lansia danmeningkatkan kemampuan kader dalam melayani anggota posyandu.Metode: Pertemuan Tokoh kader beserta tokoh masyarakat, Pembentukan strukurorganisasi posyandu, Menambah jumlah kader dan Pelatihan kader, pembuatanprogram kerja Kader dan pemantauan program setiap 3 bulan selama 1 tahun.Hasil: Terjalin koordinasi para kader secara rutin, jumlah kader menjadi 15 orangkader aktif, terbentuknta strukur organisasi dan pembagian kerja kader, terlaksananyapelatihan kader yang diikuti oleh seluruh perwakilan kader posyandu seluruh DesaSeloharjo, tersusunnya program kerja posyandu sehingga posyandu Dusun Soka olehPuskesmas Pundong dijadikan posyandu percontohan di wilayah Desa Seloharjo,terlaksananya study banding ke Posyandu Kali Randu di wilayah Kasihan Bantul yangmerupakan Posyandu terbaik di Kabupaten Bantul, terlaksananya monitoring danevaluasi secara bersama-sama pelaksanaan program kerja setiap 3 bulan selama 1tahun
Copyrights © 2019