GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 7, No 1 (2019): APRIL

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DAN METODE DISKUSI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTS

Mas’ad Mas’ad (Universitas Muhammadiyah Mataram)
Kusmila Kusmila (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penerapan metode pembelajaran guided note taking dan metode diskusi terbimbing terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII MTs. Nurul Jannah NW Ampenan tahun Pelajaran 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Nurul Jannah NW Ampenan sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa 97 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pre-test dan post-test pada materi pokok permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya. Nilai rata-rata hasil pre-test yang diperoleh pada kelas eksperimen 41,70 dan kelas kontrol 38,33. Sedangkan nilai rata-rata hasil post-test yang diperoleh pada kelas eksperimen 72,18  dan kelas kontrol 63,48. Berarti    sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha yang berbunyi penerapan metode pembelajaran guided note taking dan metode diskusi terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII MTs. Nurul Jannah NW Ampenan diterima. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai thitung = 2,90 lebih besar dari nilai ttabel = 1,98 (2,90 > 1,98). Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran guided note taking dan metode diskusi terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII MTs

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

geography

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Geography : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan was founded upon the conviction that the development of learning and teaching was vitally important to higher education. It is committed to promote, enhance and share geography learning and teaching in all institutions of higher ...