Penelitian ini didasarkan pada masalah yang sering dihadapi guru ketika mengajar pada siswa. Masalahnya adalah (1) pembelajaran TIK dikelas masih berjalan monoton, (2) belum ditemukan strtegi pembelajaran yang tepat, (3) belum ada kolaborasi antara guru dan siswa, (4) metode yang digunakan bersifat konvensional, (5) rendahnya kualitas pembelajaran TIK, dan (6) rendahnya prestasi siswa untuk mata pelajaran TIK. Dalam menghadapi masalah ini penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran TIK melalui pembelajaran koperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 69,56%, ketika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini maka hasil belajar siswa meningkat menjadi 91,30%. Jadi, berdasarkan penelitian ini model pembelajaran koperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran TIK.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018