Abstrak Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk membuktikan secara ilmiah apakah supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengoptimalkan media pembelajaran.Penelitian dilaksanakan dalam 3 (tiga) bulan, Februari hinggaApril 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan melalui pola berdaur (siklus) dan berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Data hasil observasi tentang kemampuan guru dalam membuat perencanaan kegiatan pembelajaran pada siklus I termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata -rata 3,27 meningkat pada siklus II menjadi kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 3,63. Sedangkan aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan media pembelajaran LCD proyektor pada siklus I termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 2,57 dan 2,64. Pada siklus II meningkat menjadi kategori baik dengan nilai rata-rata 2,85 dan 3,14. Hal ini berarti indikator keberhasilan telah tercapai.
Copyrights © 2019