Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dengan media gambar berseri dapat: (a) meningkatkan perhatian siswa kelas II SD Negeri 5 Katobu. Hal ini dibuktikan dengan tingkat perhatian siswa yang meningkat dari siklus ke siklus berikutnya. Pada siklus I, siswa yang memperhatikan dengan nilai baik ada 4 siswa atau 22,2%, siswa yang memperhatikan dengan nilai cukup ada 5 siswa atau 27,7%, siswa yang memperhatikan dengan nilai kurang ada 9 siswa atau 50%. Pada siklus II, siswa yang memperhatikan dengan nilai baik ada 6 siswa atau 33,3%, siswa yang memperhatikan dengan nilai cukup ada 5 siswa atau 27,7%, siswa yang memperhatikan dengan nilai kurang ada 7 siswa atau 38,8%. Pada siklus III, siswa yang memperhatikan dengan nilai baik ada 8 siswa atau 44,4%, siswa yang memperhatikan dengan nilai cukup ada 7 siswa atau 38,8%, siswa yang memperhatikan dengan nilai kurang ada 3 siswa atau 16,6% dan (b) meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas II SD Negeri 5 Katobu, 2. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa yang meningkat dari siklus ke siklus berikutnya. Pada siklus I, nilai siswa yang memenuhi ketuntasan minimal 8 siswa atau 44,4%. Pada siklus II, siswa yang memenuhi ketuntasan minimal 12 siswa atau 66,6 %. Sedangkan pada siklus III atau saat post test, nilai siswa yang memenuhi ketuntasan minimal ada 15 siswa atau 83,3%.
Copyrights © 2018