Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen di wilayah Serang dan Pandeglang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan motif konsumsi dari konsumen yang sudah menikah dan belum menikah. Ukuran sampel penelitian yang diambil adalah sebesar 140 orang yang terdiri dari 70 orang dari wilayah Serang dan 70 orang dari wilayah Pandeglang dengan menggunakan purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Deskriptif komparatif dimana hasil perhitungan akan dijelaskan untuk kemudian dilakukan pengujian terhadap variabel-variabel yang ada dalam penelitian ini yang digunakan untuk membandingkan hasil penelitian di kedua wilayah. Alat bantu statistik yang digunakan adalah Statistical Program for Social Sciences (SPSS) versi 19. Analisis yang digunakan adalah Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motif konsumsi konsumen yang sudah menikah dan belum menikah di wilayah Serang dan Pandeglang
Copyrights © 2019