Pascal: Journal of Physics and Science Learning
Vol 2, No 1 (2018)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIVE MODEL STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING DENGAN COURSE REVIEW HORAY

Azmi Taslim (Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP UISU, Medan, Indonesia)
Fauzi Fauzi (Jurusan Fisika, FMIPA USU, Medan, Indonesia)
Syahwin Syahwin (Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP UISU, Medan, Indonesia)
Miftahul Husnah (Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP UISU, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan  pembelajaran kooperatif model Student Fasilitator and Explaining dengan metode Course Review Horay pada siswa kelas X semester I SMA Negeri 3 Kutacane. Setelah diberikan perlakuan kepada kedua kelas diberi post-test, nilai rata – rata kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran kooperative model Student Fasilitator and Explaining adalah 75,55 sedangkan kelas kontrol yang diajar dengan metode pembelajaran Course Review Horay adalah 72,92. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t ( uji t ) dengan kriteria pengujian : Ha diterima jika thitung ttabel ,dimana ttabel diperoleh dari daftar distribusi t dengan taraf = 0,05. Dari   hasil    perhitungan   uji   t  diperoleh thitung  =  1,130  sedangkan   ttabel  = 1,998.  Sehingga   thitung  ttabel. Hal ini menunjukkan Ha ditolak dan Ho diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatip model Student fasilitator and Explaining hasilnya  sama dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Course Review Horay dengan selisih 3,56 % pada siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 3 Kutacane.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PASCAL

Publisher

Subject

Physics Social Sciences Other

Description

Journal of Physics and Science Learning (PASCAL) merupakan Jurnal yang diterbitkan secara berkala pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini memuat hasil pemikiran, ide, gagasan dari penelitian,pengembangan kajian pustaka dan ...