Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 1, No 01 (2017): EDUNOMIKA, Vol. 01, No. 01, Februari 2017

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN YANG TEPAT PADA SEKOLAH DASAR SAMPAI PERGURUAN TINGGI

Sri Lahir (Alumni Program Doktor Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Semarang)
Muhammad Hasan Ma’ruf (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AAS Surakarta, Jawa Tengah)
Muhammad Tho’in (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AAS Surakarta, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2017

Abstract

Abstrak Bahasa Indonesia : Banyak metode atau model pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru atau dosen dalam rangka meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat metode yang digunakan oleh guru atau dosen dalam meningkatkan prestasi belajar pasa sekolah dasar dan menengah (guru) sampai perguruan tinggi (dosen) . hasil penelitian menunjukkan ada lima metode atau model pembelajaran yang sering digunakan oleh guru atau dosen kepada peserta didiknya, yaitu metode Numbered Heads Together (NHT), metode Cooperative Script, metode Student Teams Achievement Divisions (STAD), model pembelajaran jigsaw, dan metode role playing. Dengan penerapan model yang sesuai dan tepat akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa atau mahasiswa dalam belajarnya.Kata Kunci: prestasi belajar, model pembelajaran, sekolah dasar sampai perguruan tinggi  Abstrak Bahasa Inggris :Many methods or learning models that can be done by teachers or lecturers in order to improve student achievement learners. The purpose of this study is to see the methods used by teachers or lecturers in improving learning achievement pasa elementary and secondary (teachers) to college (lecturer). the results of the study indicate that there are five methods or models of learning that are often used by teachers or lecturers to their students, the method of Numbered Heads Together (NHT), Cooperative Script method, Student Teams Achievement Divisions (STAD) method, jigsaw learning model, and role playing method . With the application of appropriate and appropriate model will be able to improve student achievement or student in learning. Keywords: learning achievement, learning model, elementary school until college

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...