Adi Husada Nursing Journal
Vol 2 No 1 (2016): Adi Husada Nursing Journal

HUBUNGAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-3 TAHUN

Sisilia Indriasari Widianingtyas (STIKES KATOLIK ST VINCENTIUS A PAULO SURABAYA)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2016

Abstract

ABSTRAKPertumbuhan berhubungan dengan fisik, sedangkan perkembangan berkaitan dengan proses kematangan fungsi organ. Masa prenatal dan postnatal adalah dua hal besar dalam tumbuh kembang anak.Dua unsur penting yaitu genetik dan faktor lingkungan, yang mana lingkungan mempunyai peran paling penting karena dapat dikendalikan. Stimulasi atau rangsangan sangat diperlukan terutama pada masa balita karena pada masa ini pertumbuhan dasar akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan stimulasi dengan perkembangan anak usia 1-3 tahun. Desain penelitian adalah korelasional dengan pendekatan secara cross sectional.Variabel dalam penelitian ini adalah stimulasi dan perkembangan anak usia 1-3 tahun. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dan jumlah sampel sebanyak 73 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner perkembangan anak dengan formulir KPSP, dan kuisioner untuk menilai stimulasi yang diberikan oleh orang tua.Uji statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah correlations rank spearman, pengolahan data menggunakan SPSS 16, dengan tingkat signifikansi α <0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada hubungan positif sedang antara stimulasi dengan perkembangan pada anak usia 1-3 tahun. Keluarga merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari anak, maka perlunya orang tua melakukan rangsangan atau stimulasi yang diberikan kepada anak secaraterarah, rutin dan berkesinambungan dengan tetap memperhatikan kebutuhan anak dan stimulasi diberikan menyesuaikan dengan usia dan tugas perkembangan anak.Kata kunci: stimulasi, perkembangan anak ABSTRACTGrowth related to the physical, while the developments related to the maturity of organ function. Prenatal and postnatal care are two things in the development of the child. Two important elements that genetic and environmental factors, which the environment has the most important role because it can be controlled. Stimulation is needed, especially in childhood because at this time the basic growth will influence and determine the development. The purpose of this study was to identify the correlation stimulation to the development of children aged 1-3 years. The design of this study was correlational research design with cross sectional approach. The variable in this research is the stimulation and development of children aged 1-3 years. The sampling technique used in this study is simple random sampling and the total sample of 73 respondents. The instrument used wasquestionnaire (KPSP) and a questionnaire to assess the stimulation provided by the parents. The statistical test used in this study is the Spearman rank correlations, used SPSS 16 with a significance level α < 0.05. The results showed that: there was a positive correlation between stimulation to the development of children aged 1-3 years. The family is a part that can not be separated from the child, then the need for parents perform stimulation given to children regular and sustained, to adjust the child development. Keywords: stimulation, development DOWNLOAD FULL TEXT PDF >>

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

AHNJ

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Adi Husada Nursing Journal (AHNJ) is a peer review and open access journal that publishes scientific work in the field of nursing (print ISSN: 2443-4019, e-ISSN: 2502-2083). The journal has been published since 2015 and was developed by the Research and Community Service Unit, STIKes Adi Husada. The ...