Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional mahasiswa baru jurusan akuntansi sebagai masukan desain pembelajaran jurusan akuntansi di Universitas Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode statistik deskriptif. Sampel yang digunakan merupakan mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Surabaya angkatan tahun 2013-2014 sebanyak 134 sample dengan metode pengumpulan data kuesioner. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan kecerdasan emosional mahasiswa baru jurusan akuntansi Universitas surabaya berada pada tingkat sedang. Sedangkan appraisal of emotion in self, appraisal and recognition of emotion in others, dan use of emotion to facilitate performance mahasiswa baru jurusan akuntansi Universitas Surabaya berada di tingkat sedang. Tingkat regulation of emotion in self mahasiswa baru jurusan akuntansi Universitas Surabaya berada di tingkat rendah. Hasil temuan di atas dijadikan masukan bagi desain pembelajaran jurusan akuntansi di Universitas Surabaya.
Copyrights © 2014