Abstrak: Pariwisata saat ini merupakan sektor primadona yang menunjukkan trend yang terus meningkat diwaktu yang akan datang. Sektor pariwisata juga memiliki efek multiplier terhadap pertumbuhan sektor lain seperti pendidikan, pertanian, dan ketenagakerjaan. Salah satu bagian yang tak terpisahkan dari pariwisata adalah aktivitas belanja. Cindera mata merupakan salah satu kekuatan utama pariwisata yang selalu dicari wisatawan. Perilaku belanja wisatawan saat berwisata berbeda dengan perilaku belanja mereka saat berada di daerah asal. Wisatawan cenderung tidak responsive harga, dan lebih mementingkan kualitas dan keunikan produk. Keberhasilan penjualan cindera mata memerlukan praktek bauran pemasaran yang tepat untuk dapat selalu menciptakan kepuasan dan mendapatkan loyalitas wisatawan. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh bauran pemasaran cindera mata terhadap kepuasan wisatawan. Metode regresi berganda digunakan untuk menganalisis 150 sampel wisatawan domestik yang berkunjung ke Yogyakarta. Hasil analisis menunjukkan hanya dua elemen bauran pemasaran yang mempengaruhi kepuasan wistawan yaitu produk dan promosi. Implikasi penelitian ini adalah pengelola ataupun penjual cindera mata perlu menekankan pentingnya menjaga keunikan dan kualitas produk mengingat wisatawan domestik masih menekankan wujud produk secara tangible. Kata kunci: Cindera mata, bauran pemasaran, dan kepuasan wisatawan
Copyrights © 2012