Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2017): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 8 2017

APLIKASI GAME EDUKASI MATEMATIKA FISH MATH BERBASIS ANDROID

Ali Ikwan (Unknown)
Moch. Subchan Mauluddin (Unknown)
Mustagfirin Mustagfirin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2017

Abstract

Banyak siswa Sekolah Dasar yang menganggap jika pelajaran matematika itu sulit. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mata pelajaran matematika adalah  dengan pemanfaatan handphone sebagai media pembelajaran yang berupa game edukasi. Karena dalam game edukasi dapat menambah pengetahuan dan kemampuan siswa tentang matematika. Adapun metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode pengembangan multimedia yang diciptakan oleh Luther. Sedangkan tahapan pengembangan multimedianya adalah concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Pengujian aplikasi ini menggunakan pengujian black box. Game ini meliputi pembelajaran tentang operasi hitung matematika baik penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Dalam game ini  juga terdapat permainan operasi hitung. Dengan adanya game edukasi ini dapat menjadi salah satu referensi siswa belajar. Dari hasil pengujiannya semua tombol berjalan  sesuai dengan fungsinya masing-masing. Game ini berbasis android.Kata kunci: edukasi, game, hitung, matematika, operasi 

Copyrights © 2017