Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SD NEGERI NGEMPLAK KIDUL 01 MARGOYOSO PATI

Wara Istanti Dwi W (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2017

Abstract

Berdasarkan obeservasi di lapangan, masih banyak pembelajaran matematika yang berpusat pada guru. Selain itu metode yang digunakan kurang menarik. Hal tersebut menyebabkan minat siswa  kurang, sehingga berimbas rendahnya prestasi belajar siswa. Tindakan yang dapat memperbaiki permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat siswa, serta dapat meningkatkan motivasi siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar dan minat siswa adalah Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam 4 tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Ngemplak Kidul 01 Kec. Margoyoso Kab. Pati, jumlah siswa 25 anak yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), telah dapat meningkatan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dengan persentase Pra tindakan sebesar 41,18%, siklus I sebesar 70,59% dan pada siklus II sebesar 94,12%. Nilai rata-rata hasil tes pada pra tindakan sebesar 74,00 siklus I sebesar 75,91, sedangkan pada siklus II sebesar 81,44. Berdasarkan hasil penelitian ini, hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, hasil belajar, pecahan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPMat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM | Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401 is peer reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization and models of mathematics education in ...