Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 1 Tahun 2018

PEMBELAJARAN REFLEKSI MELALUI PERMAINAN EDUTRANS BERBANTUAN TIKAR KOORDINAT DAN KARTU TRANSFORMASI

Afiati, Riana (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2018

Abstract

ABSTRAK:Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pembelajaran Refleksi melalui Permainan Edutransberbantuan Tikar Koordinat dan Kartu Transformasi; (2) mendeskripsikan besaran hasil pembelajaran Refleksi melalui Permainan Edutransberbantuan Tikar Koordinat dan Kartu Transformasi.Metode penelitian ini adalah best practice yang memiliki karakteristik inovatif, elaboratif, dan aplikatif. Data diperoleh dengan observasi, tes unjuk kerja dan catatan refleksi siswa. Hasil penelitian ini: (1) Pembelajaran refleksi melalui permainan edutrans berbantuan tikar koordinat dan kartu transformsi dapat dilaksanakan dengan baik; (2) Capaian nilai sikap yaitu 52,94% memperoleh nilai sikap baik dan 47,05% memperoleh nilai sikap sangat baik. Capaian nilai pengetahuan 38,24% mencapai nilai baik, 61,76% mencapai nilai sangat baik. Capaian nilai ketrampilan yaitu 11,77% yang mencapai nilai ketrampilan cukup, 52,94% mencapai nilai dengan baik dan 35,29% mencapai nilai dengan sangat baik.  Kata kunci: Permainan Edutrans, Tikar Koordinat, Kartu TransformasiABSTRAK:Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pembelajaran Refleksi melalui Permainan Edutransberbantuan Tikar Koordinat dan Kartu Transformasi; (2) mendeskripsikan besaran hasil pembelajaran Refleksi melalui Permainan Edutransberbantuan Tikar Koordinat dan Kartu Transformasi.Metode penelitian ini adalah best practice yang memiliki karakteristik inovatif, elaboratif, dan aplikatif. Data diperoleh dengan observasi, tes unjuk kerja dan catatan refleksi siswa. Hasil penelitian ini: (1) Pembelajaran refleksi melalui permainan edutrans berbantuan tikar koordinat dan kartu transformsi dapat dilaksanakan dengan baik; (2) Capaian nilai sikap yaitu 52,94% memperoleh nilai sikap baik dan 47,05% memperoleh nilai sikap sangat baik. Capaian nilai pengetahuan 38,24% mencapai nilai baik, 61,76% mencapai nilai sangat baik. Capaian nilai ketrampilan yaitu 11,77% yang mencapai nilai ketrampilan cukup, 52,94% mencapai nilai dengan baik dan 35,29% mencapai nilai dengan sangat baik.  Kata kunci: Permainan Edutrans, Tikar Koordinat, Kartu Transformasi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPMat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM | Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401 is peer reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization and models of mathematics education in ...