Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Karya Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN BERPIKIR DIVERGEN DAN KRITIS MELALUI SOAL TERBUKA

Prayitno, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2016

Abstract

Beban guru dalam menyiapkan tenaga kerja dalam persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN meningkat secara signifikan. Selain terampil dan siap secara akademis, siswa dituntut untuk selalu siap menghadapi permasalahan yang semakin kompleks dan tidak terduga. Permasalahan yang muncul dapat dipastikan bersifat multidimensi. Dibutuhkan kemampuan berpikir yang kritis dan mampu menggabungkan berbagai kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penyelesaian masalah yang kompleks dapat dipastikan bersifat kontekstual. Permasalahan kontekstual menuntut kemampuan siswa memadukan beragam teknik, cara pandang dan disiplin ilmu yang akan menghasilkan penyelesaian yang beragam, yang dipastikan tidak hanya ada satu penyelesaian yang benar. Kebenaran penyelesaian akan beragam sesuai dengan konteks permasalahan dan kondisi siswa (Open Ended Problem). Permasalahan ada pada kemampuan guru dalam memahami pengertian berpikir divergen dan berpikir kritis, merumuskan kompetensi dasar, menguraikan indikator pembelajaran dan mengimplementasikan dalam pembelajaran, termasuk pembelajaran di pendidikan dasar.Kata kunci: Berpikir Kritis, Berpikir Divergent dan Permasalahan Terbuka

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPMat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM | Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401 is peer reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization and models of mathematics education in ...