Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Karya Pendidikan Matematika

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TURUNAN FUNGSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS XI IS 2 SMA N 15 SEMARANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sri Purwaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2016

Abstract

Sampai saat ini masih banyak guru yang menerapkan pembelajaran konvensional. Pembelajaran konvensional tersebut mengakibatkan siswa tidak termotivasi, sehingga berimbas keaktifan dalam pembelajaran rendah. Motivasi dan keaktifan yang rendah menjadikan hasil belajar yang tidak maksimal. Salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi, keaktifan dan hasil belajar adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian adalah meningkatkan keaktifan, motivasi dan hasil belajar siswa bagi siswa kelas XI IS2 SMA Negeri 15 Semarang pada semester II tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas XI IS2 SMA Negeri 15 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan pengamatan, angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan, motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 keaktifan siswa sebesar 81 dan Siklus 2 meningkat menjadi 85. Pada siklus 1 motivasi siswa sebesar 79, dan Siklus 2 motivasi meningkat menjadi 83. Hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus 1 sebesar 79 dan siklus 2 sebesar 83 dengan KKM yang ditetapkan yaitu 78. Ketuntasan siswa pada siklus 1 sebesar 84% tuntas dan pada siklus 2 terdapat 89% tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi, keaktifan dan hasil belajar.Kata kunci: Hasil belajar, Keaktifan, Model pembelajaran, Motivasi, STAD

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPMat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM | Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401 is peer reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization and models of mathematics education in ...