Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIK MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SEMESTER I SMA 15 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Siti Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI semester I SMA N 15 Semarang tentang Statistika. Hanya ada 22 peserta didik atau 68,75% dari 36 siswa yang memperoleh nilai tuntas atau KKM. Tujuan penelitan tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil dan motifasi belajar peseta didik dalam pembelajaran matematika tentang Statistika dan menggunakan metode investigation pada siswa kelas XI SMA N 15 Semarang untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam 2 siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap : perencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observai dan refleksi . Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes formatif. Data hasil observasi dideskripsikan , diinterpretasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya pembelajaran dinyatakan berhasil jika ketuntatasan prosentase belajar peserta didik satu kelas mencapai indikator kinerja minimal 95% mencapai KKM penelitian tindakan kelas yang dilakuan sebanyak 2 siklus diperoleh hasil bahwa prosentase ketuntasan belajar peserta diidk pada pra siklus sebesar 68,75% pada siklus pertama menjadi 81,25%, dan pada siklus kedua meningkat mejadi 100%. Rata-rata nilai tes formatif secara klasikal pada prasiklus 63,12% meningkat menjadi 65,63 pada siklus pertama meningkat lagi menjadi 82,50 pada siklus kedua. Reaksi positif dari peserta didik juga meningkat setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga manik-manik yaitu pada siklus pertama peserta diidk yang aktif bertanya 44%, aktif menjawab 66%, menunggu perintah 63 %, bermain-main 44%, pasif 16% dan meningkat pada siklus dua peserta didik yag aktif bertanya 87,5%, aktif menjawab 100%, menunggu perintah 6,2%, bermain-main 0%, pasif 0% . Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga bilah kayu dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar matematika tentang Statistika pada peseta didik kelas XI SMA N 15 Semarang.Kata kunci : Siswa kelas XI sebagai peserta didik, Statistika sebagai meteri, investigation sebagai metodenya

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPMat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM | Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401 is peer reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization and models of mathematics education in ...