Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia
Vol 3, No 1 (2009): January 2009

PENGGUNAAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERORIENTASI GREEN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LIFE SKILL SISWA SMA

Kusuma, Ersanghono (Unknown)
-, Sukirno (Unknown)
Kurniati, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan life skill siswa dengan hasilbelajar termasuk di dalamnya, dengan menerapkan pendekatan chemo-entrepreneurship(CEP) berorientasi green chemistry. Fokus yang diteliti adalah untuk meningkatkankemampuan life skill dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CEPberorientasi green chemistry. Berdasarkan analisis data hasil penelitian pada siklus Idiperoleh rata-rata nilai dan ketuntasan life skill siswa masing-masing adalah 53,55 dan65% dengan kriteria sedang, pada siklus II meningkat dibandingkan siklus I dengan kriteriabaik, serta rata-rata nilai dan ketuntasan life skill siswa menjadi 60,025 dan 92,5%. Padasiklus III meningkat dibandingkan siklus II, yaitu kemampuan life skill siswa tergolong baikyaitu diperoleh nilai rata-rata dan ketuntasan life skill masing-masing sebesar 63,64 dan100%. Rata-rata nilai kognitif siswa pada siklus I adalah 65,49 dengan ketuntasan 70%, padasiklus II ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif meningkat sebesar 12,5% yaitu dari 70%menjadi 82,5% sedangkan nilai rata-rata kelas menjadi 70,99. Pada siklus III ketuntasanklasikal hasil belajar kognitif meningkat 17,5% dari siklus II yaitu dari 82,5% menjadi100% serta nilai rata-rata kelas menjadi 75. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwadengan menggunakan pendekatan CEP berorientasi green chemistry dapat meningkatkankemampuan life skill siswa dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : chemo-entrepreneurship, life skill, green chemistry

Copyrights © 2009