Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia
Vol 10, No 2 (2016): July 2016

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIDROLISIS GARAM BERMUATAN KARAKTER BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Yotiani, Yotiani (Unknown)
Supardi, Kasmadi Imam (Unknown)
Nuswowati, Murbangun (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2017

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting diajarkan kepada siswa.Inkuiridapatdijadikansebagaisalahsatupendekatan yang dapatmewadahipengembangankemampuanberpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar hidrolisis garam bermuatan karakter berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain one-group pre-test post-test design. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi (1) pendefinisian (define), (2) perencanaan (design), (3) pengembangan (develop). Subjekimplementasi pada penelitianiniadalahsiswakelas XI SMANegeri 1 Mandor (Kalimantan Barat)tahunpelajaran 2014/2015.Instrumen dalam penelitian ini meliputi: (1) instrumen lembar wawancara guru (analisis kebutuhan); (2) instrumen penilaian/uji ahli terhadap produk bahan ajar yang dikembangkan; (3) instrumen soal tes kemampuan berpikir kritis siswa materi hidrolisis garam; (4) instrumen lembar observasi afektif siswa; (6) instrumen lembar observasi psikomotor siswa; dan (7) instrumen lembar angket respon siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar hidrolisis garam bermuatan karakter berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan, serta mendapat respon positif dari siswa.

Copyrights © 2016