Kompetensi bahasa adalah model yang mempersiapkan siswa untuk berkomunikasi dengan bahasa fungsional. Permasalahan yang muncul adalah metode pembelajaran, penyelenggara pendidikan dan kemampuan pengalihan siswa. Dari permasalahan tersebut maka kompetensi bahasa Inggris tujuan dapat dicapai tetapi belum optimal. Game pendidikan sebagai bentuk media pembelajaran memiliki konten yang secara tidak langsung dapat mengambil pemain ke dalam proses komunikasi. Desain game pendidikan dengan menggunakan pendekatan wacana kompetensi menampilkan representasi dari kondisi sosial di dunia nyata dan kemudian diadaptasi dalam bentuk virtual. Dengan menggunakan input suara sebagai pengendali utama, pemain diharapkan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mereka, termasuk mendengar, berbicara, dan membaca dalam konteks sosio-kultural seperti yang ditunjukkan dalam permainan. Language competence is a model that prepares students to communicate with the functional language. The problems that arise are the methods of learning, education providers and the ability diversion of the students. From these problems then the objective English language competence can be achieved but not yet optimal. Educational games as a form of learning media have a content that may indirectly take the players into a communication process. The design of educational games using discourse competence approach displays representations of social conditions in the real world and then adapted in virtual form. By using sound input as main controllers, players are expected to improve their communication skills, include listening, speaking, and reading in the socio-cultural context as shown in the game.
Copyrights © 2013