ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi merokok di kalangan pelajar SMK Pelayaran Putra Samodera. Teknik Sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, Wawancara secara mendalam (in-dept interview), dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, maka yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teknik Triangulasi dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian : persepsi merokok di karenakan beberapa faktor yang mendukung pelajar merokok di antaranya ialah : Pertama, kepuasan yang di peroleh setelah merokok rokok hanya sebagai tempat melepas kepenatan dan tempat refresing, Kedua, pengaruh lingkungan keluarga, pola didik orang tua yang kesehariannya di rumah merokok menunjukkan bahwa anak akan mengikuti apa yang di lakukan orangtua dan Ketiga, pengaruh teman sebaya yang ada di lingkungan pelajar yang menjadi pemicu mereka merokok, rasa coba-coba ingin merasakan merokok itu seperti apa. Akan tetapi yang mendominasi dari tiga faktor di atas ialah pengaruh dari teman sebaya. Kesimpulan : Proses belajar merokok dimulai dari sejak anak-anak, sedang proses menjadi perokok pada masa remaja. Alasan utama menjadi perokok ialah karena ajakan teman yang sukar di tolak, ada juga pelajar pria mengatakan bahwa pria menjadi perokok setelah melihat iklan rokok.Kata kunci : merokok, persepsi, siswa.ABSTRACTThe research goal is to determine the perception of smoking among students SMK Putra Samodera Shipping. This Research qualitative research is descriptive and strategies in this study were single spikes Case Study Research. Sampling technique used was purposive sampling. Data collection techniques with the observation, in-depth interviews (in-dept interview), and documentation. To ensure the validity of the data, it is used in this study is based on triangulation techniques with step data collection, data reduction, presentation of data, and verification. The perception of smoking on several factors which support smoking among students is: First, the satisfaction that was obtained after smoking cigarettes just as a place to relieve fatigue and refreshing place, Secondly, the influence of family environment, or more specifically permissive attitude of parents of adolescent smoking behavior, from the influence of upbringing parents smoked daily at home showed that the children will follow what the parents do and the Third , influence of peers in the environment that trigger their students smoke, This means that the act of smoking starts from the existence of an attitude, that person´s tendency to accept or reject, agree or disagree with the response that comes from outside in this case was a cigarette. Efforts to deal with students who smoke involve various stakeholders, namely the school, family and the community by not providing easy access for students to buy cigarettes in a school environment and the government as public policy makers.Keywords :perception, smoking, student.
Copyrights © 2013