AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa kelas V yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran word square dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional di SD Gugus Untung Surapati tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian eksperimen semu, desain penelitian yang digunakan adalah Kelompok Non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Untung Surapati tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 213 orang. Sampel diperoleh dengan menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai kompetensi pengetahuan IPA yang dianalisis dengan teknik matching, dengan cara menjodohkan nilai prates masing-masing siswa kedua sampel tersebut. Data yang terkumpul lalu dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Word square dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari hasil analisis bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,75 > 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan perolehan nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu sebesar 82,58 > 73,39. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran word square terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V di SD Gugus Untung Surapati tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Word Square, IPA AbstractThis study aims to determine the significant difference of science knowledge competence between students who are taught using word square learning model and students who are taught by conventional learning in grade V students at SD Untung Surapati in the academic year 2016/2017. The type of quasi-experimental research, the research design used in this study is Non-equivalent Groups. Population in this research is all student of class V Elementary Cluster Untung Surapati year lesson 2016/2017 which amounted to 213 people. Samples are drawn using random sampling. Data collection method in this research is test method. Data collected in the form of science knowledge competence value that is analyzed by matching technique, by matching the value of each student's prates of both samples. The results showed that there is a significant difference of science knowledge competence between students who were taught using Word square learning model with students who were taught by conventional learning. This is seen from the analysis that the value of tcount is greater than ttable that is 3.75> 2.00 at the level of significance 5% with the average sword square of knowledge competence knowledge of experimental class higher than the control class that is equal to 82,58> 73,39. Based on these findings, it can be concluded that there is influence of word square learning model on science knowledge competence of grade V students in SD Gugus Untung Surapati academic year 2016/2017. Keywords: Word Square, Science
Copyrights © 2019