Quagga
Vol 11, No 2 (2019)

MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Afni Nur Afifah (Universitas Galuh Ciamis)
Nur Ilmiyati (Universitas Galuh Ciamis)
Toto Toto (Universitas Galuh Ciamis)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model PjBL berbasis STEM dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa.  Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X sebuah Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Ciamis sebanyak empat kelas. Sampel penelitian satu kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimental. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan konsep berupa pilihan ganda, dan tes keterampilan berpikir kritis berupa soal tes keterampilan berpikir kritis yang diadaptasi dari Piaw (2004). Data hasil penelitian dianalisis secara statistik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model PjBL berbasis STEM dapat meningkatkan penguasaan konsep (sedang), dan peningkatan keterampilan berpikir kritis (tinggi).Kata kunci:PjBL, STEM, Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...