Pro Bisnis
Vol 12, No 2: Agustus 2019

Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi

Luqman Nur Hakim (Unknown)
Sri Lestari (Unknown)
Ekaningtyas Widiastuti (Unknown)
Meutia Karunia Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2019

Abstract

Mempertahankan suatu perusahaan agar tetap berjaya dalam persaingan usaha adalah mempertahankan keharmonisan khususnya dengan konsumen yang dilakukan dengan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Selain itu, upaya yang bisa diakukan adalah dengan menerapkan Good Corporate Governance (GCG) dalam aktivitas bisnis. CSR dan GCG dinilai mampu mendorong nilai perusahaan dengan menggunakan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Maka dari itu penelitian ini berusaha untuk menganalisis pengaruh CSR dan GCG terhadap nilai perusahan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 55 perusahaan jasa sektor property & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Berdasakan hasil analisis didapatkan bahwa (1) Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (2) Good Corporate Governance (GCG) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (3) Profitabilitas tidak dapat memoderasi pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR)  terhadap nilai perusahaan (4) Profitabilitas dapat memperkuat pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2019