Abstrak: Perkembangan Sains dan Teknologi saat ini berkembang pesat, dan penggunaannya semakin mudah digunakan oleh masyarakat luas. Dengan teknologi, pembelajaran bahasa Indonesia akan lebih mudah untuk memahami dan memberikan pengalaman belajar yang luas. Dalam penelitian ini, Teknologi digunakan untuk menciptakan sumber belajar bahasa berbasis Teknologi Informasi untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, inovatif, interaktif, dan bermakna karena memberikan pengalaman belajar yang luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain one shoot case, dimana penelitian dilakukan melalui pendekatan yang menggunakan pengumpulan data pada suatu waktu yang kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengukur efektivitas bahan ajar yang dibuat berdasarkan analisis penggunaan media Teknologi Informasi sebagai sumber pengajaran untuk keterampilan mengajar bahasa. Dilihat dari hasil analisis data yang diperoleh, keterampilan mengajar mahasiswa berkembang dengan baik setelah menerima penguatan bahan ajar berbasis teknologi informasi. Dengan bahan ajar berbasis teknologi informasi, lebih banyak membantu mahasiswa dalam menyampaikan pembelajaran dan memfasilitasi siswa dalam menguasai beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru.
Copyrights © 2019