Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil model pembelajaran penjas adaptif melalui media permainan edukatif Rainbow Flag pada siswa tunarungu di SMPLB Negeri Semarang. Permainan Rainbow Flag merupakan pengembangan dari permainan edukatif untuk anak berkebutuhan khusus.Berdasarkan analisis data uji coba diperoleh data evaluasi produk awal yaitu, ahli penjas 70,7% (Baik), ahli pembelajaran I 72,0% (Baik) dan ahli pembelajaran II 86,7% (Baik) uji coba kelompok kecil 88,4% (Baik) dan uji coba lapangan / kelompok besar 92,9% (Sangat Baik). Dari data yang ada dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran penjas adaptif melalui permainan Rainbow Flag dapat digunakan pada siswa tunarungu SMPLB Negeri Semarang. Berdasarkan data yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Penjas Adaptif melalui media permainan Rainbow Flag pada siswa Tunarungu SMPLB Negeri Semarang efektif dan layak digunakan pada pembelajaran materi kebugaran jasmani. Bagi guru SLB dapat digunakan sebagai referensi atau alternatif sederhana untuk mengembangkan permainan pada saat proses pembelajaran.The purpose of this research was to determine the result of an adaptive physical education model of learning through media educational games Rainbow Flag on deaf students in the SMPLB of Semarang State. Rainbow Flag is the development of educational games for children of disability. Based on the data analysis of the trial data showed that initial product evaluation, physical education specialists 70.7% (Good), learning experts I 72.0% (Good) and learning experts II 86.7% (Good) testing a small group 88.4 % (Good) and field trials / large group 92.9% (Very Good). From the available data it can be concluded that the model of adaptive physical education learning through play Rainbow Flag can be used deaf students in SMPLB of Semarang State. Based on existing data, it can be concluded that the development of adaptive learning model Penjas through the media game Rainbow Flag on Deaf students SMPLB of Semarang State effective and feasible to use the learning material physical fitness. For SLB teachers can be used as a reference or a simple alternative to develop the game at the time of the learning process.
Copyrights © 2015