Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN

Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Di SMP Unismuh Makassar

Nursuci Indriati Sukoco (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nurdin Nurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2018

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah SMP Unismuh Makassar merupakan sekolah yang berbasis agama namun siswa-siswanya masih ada yang sering melakukan penyimpangan yang tidak mencerminkan karakter religious,jujur, dan disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan konsep pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak di SMP Unismuh Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak di SMP Unismuh Makasar, (ii) untuk mengetahui konsep pembinaan akhlak sehingga menjadi karakter di SMP Unismuh Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Unismuh Makassar. Dengan jumlah informan sebanyak 10 orang teknik dalam menentukan informan ini dilakukan dengan 3 cara yaitu infoman kunci, informan utama dan informan tambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu dan tringulasi teknik. Hasil penelitian dilapangan bahwa, (i) menunjukan bahwa peran guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter itu sangat penting. Pembinaan karakter disekolah dimulai dari awal pagi untuk menciptakan kondisi kondusif bagi perkembangan karakter peserta didik dan semua kegiatan pembelajaran harus tersentuh dengan pendidikan karakter. (ii) Pembinaan akhlak peserta didik dari personal diri pribadi kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya, jadi peserta didik masih melakukan penyimpangan perilaku karena kurangnya pertahan diri peserta didik dalam mengikuti perkembangan zaman sehingga mudah terpengaruh oleh teman, dan lingkungan di sekitarnya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...