Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2018)

PENGEMBANGAN MODEL CETTAR MEMBAHANA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

la nani, karman (Unknown)
Hamid, Ikram (Unknown)
Bahara, Susana R (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2018

Abstract

Terciptanya peningkatan kualitas hasil belajar siswa diperlukan kemampuan guru dalam merencanakan dan merealisasikan gagasan yang baru guna mencapai tujuan yang dikehendaki. Kemampuan mengembangkan model pembelajaran untuk selanjutnya diterapkan dalam proses pengajaran memiliki nilai tersendiri bagi guru menuju terciptanya motivasi berkreasi dan berinovasi. Kreativitas dan inovasi guru dalam mengembangkan model pembelajaran diharapkan mendorong terbentuknya kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu model Cettar Membahana dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini berupaya menghasilkan rumusan pengembangan model pembelajaran Cettar Membahana yang meliputi: pengertian, dan langkah-langkah penerapannya dalam pembelajaran matematika. Pengembangan penelitian ini dibatasi dalam dua tahap, yaitu: tahap pendefinisian dan perancangan. Tahap pengembangan dan penyebaran dilaksanakan sebagai penelitian lanjutannya. Model pembelajaran cettar membahana adalah suatu model pembelajaran dengan menyiapkan bahan ajar, dilaksanakan secara interaktif dalam menggeneralisasi informasi pengetahuan peserta didik secara bermakna berdasarkan tugas-tugas untuk dikerjakan peserta didik, dipecahkan bersama guru selama proses pembelajaran yang diselipkan dengan humor dan nasihat yang terciptanya situasi yang menyenangkan. Pembelajaran cettar membahana dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

deltapi

Publisher

Subject

Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

Delta pi jurnal adalah jurnal yang memuat hasil penelitian pendidikan matematika dan matematika yang dipublikasi sebanyak 2 kali dalam setahun di bulan April dan Oktober di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas ...