Prosiding Semnastek
PROSIDING SEMNASTEK 2017

PENGEMBANGAN PROGRAM APLIKASI UNTUK MEMBANTU MENGHAFAL PERKALIAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY BERBASIS ANDROID

Cantiqa Putri Larashati (Jurusan Informatika Fakultas Industri Kreatif Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis)
Ester Lumba (Jurusan Informatika Fakultas Industri Kreatif Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2017

Abstract

Perkalian sudah diajarkan sejak Sekolah Dasar, namun ternyata banyak anak-anak yang masih belum bisa menghafal perkalian. Tujuan penelitian ini dibuat adalah untuk membuat aplikasi permainan yang ditujukan kepada anak usia 6 sampai 8 tahun agar dapat membantu mereka menghafal perkalian. Metode yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi ini adalah Interactive Multimedia System of Design and Development (IMSDD) yang dikembangkan oleh Dastbasz. Proses pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan Unity. Dalam permainan tersebut anak-anak diminta berkeliling di sekitar field untuk mencari papan pertanyaan. Pertanyaan di papan tersebut berupa perkalian. Permainan akan dijalankan menggunakan virtual reality. Hasil dari pengembangan aplikasi berupa sebuah aplikasi permainan yang dijalankan pada smartphone Android yang dilengkapi dengan sensor gyroscope. Permainan dapat berjalan lancar pada smartphone Android dengan sistem operasi Jelly Bean dengan RAM minimal 2 GB. Berdasarkan hasil uji dari user experience, anak-anak menjadi termotivasi dalam menghafal perkalian untuk dapat bermain dengan lebih baik.Kata kunci:  IMSDD, Perkalian, Unity,  Virtual Reality

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

semnastek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) merupakan kumpulan paper atau artikel ilmiah yang telah dipresentasikan di acara Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) yang diadakan secara rutin tiap tahun oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. ...